Recent Posts

    MAKALAH PENGERTIAN MICROSOFT EXEL DAN FUNGSINYA


    KATA PENGANTAR


    Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT, Tuhan sumber segala ilmu pengetahuan yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik tepat pada waktunya.  Shalawat  dan  salam  selalu terlimpah curahkan kepada Rasulullah SAW.
    Berkat rahmat-Nya Penyusun mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini. Tidak lupa Penyusun sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang Microsoft Exel. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya.  
    Penyusun sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, Penyusun menerima berbagai saran maupun kritikan yang bersifat membangun. Akhir kata Penyusun mengucapkan terima kasih, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca.



    Rebang Tangkas, 7 September 2017
    Penyusun





    DAFTAR ISI


    Halaman Judul ......................................................................................................................... i
    Kata Pengantar ........................................................................................................................ ii
    Daftar Isi ................................................................................................................................. iii

    Bab I Pendahuluan .................................................................................................................. 1
    A.      Latar Belakang ................................................................................................................. 1
    B.       Rumusan Masalah............................................................................................................. 1
    C.       Tujuan ............................................................................................................................... 1

    Bab II Pembahasan ................................................................................................................. 2
    A.      Pengertian Microsoft Exel ................................................................................................ 2
    B.       Fungsi Microsoft Exel ...................................................................................................... 2
    C.       Fungsi menu dan Icon Microsoft Exel ............................................................................. 3
    D.      Menyimpan, Membuka dan Mengelola File Buku Kerja.................................................. 9

    Bab III Penutup ...................................................................................................................... 14
    A.      Kesimpulan ....................................................................................................................... 14
    B.       Saran ................................................................................................................................. 14

    DAFTAR PUSTAKA




    BAB I
    PENDAHULUAN


    A.    Latar Belakang Masalah
    Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) canggih yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung. Memproyeksikan, menganalisa, dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk table dengn berbagai jenis tabel  yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line, dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsetrasikn agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting  adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software microsoft ini.
    Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Microsoft Excel Khususnya dalam dunia pendidikan. Karena fungsi MS. Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dlam mengentri data-data nilai siswa, merangking hasil belajar siswa, pembayaran SPP Siswa, presentasi siswa, dan lain-lain. Dengan alasan trsebut, maka Penulis menyusun makalah ini sebagai penunjang dalam pembelajaran MS. Excel.

    Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
    1.            Apa Itu Microsoft Exel?
    2.            Apa Fungsi Microsoft Exel?
    3.            Apa saja komponen-komponen Microsoft exel ?
    2.      Apa fungsi menu dan ikon pada MS. Excel ?
    3.      Bagaimana cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja ?
    4.      Bagaimana cara mengatur kolom dan baris ?

    C.    Tujuan Penulisan
    Berdasarkan rumusan masalh diatas maka maka tujuan penulisan malah ini adalah sebagai berikut :
    1.            Mendeskripsikan pengertian Microsoft Exel dan Fungsinya
    2.            Mendeskripsikan komponen-komponen Microsoft Exel
    3.            Mendeskripsikan pengertian menu dan ikon.
    4.            Mendeskripsikan fungsi dan ikon pada MS. Excel.
    5.            Menjelaskan cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja.
    6.            Menjelaskan cara mengatur kolom dan baris.



    BAB II
    PEMBAHASAN


    A.      Pengertian Microsoft Excel
    Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
    Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
    B.       Fungsi Microsoft Excel
    1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
    2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
    3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
    4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
    5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
    6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.

    C.      Fungsi Menu dan Icon Microsoft Exel
    Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen yang sedang Anda kerjakan. Untuk dapat mengakses halaman ribbon Home, Anda dapat melakukan dengan mengklik tab Home. Anda juga dapat menggunakan keyboard dengan menekan tombol Alt + H. Langkah ini akan menampilkan kotak-kotak kecil bertuliskan huruf akses cepat bagi setiap perintah pada tab Home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan huruf akses.
    Tampilan tab Home
    1.      Fungsi Menu dan Ikon Tab Home.
    Menu Tab Home
    Kelompok Clipboard
    Paste
    Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
    Cut
    Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
    Copy
    Menyalin ke clipboard
    Format Painter
    Melakukan copy format
    Kelompok Font
    Font Selection
    Mengganti jenis huruf
    Font Size
    Mengatur ukuran huruf
    Increase/Decrease Font
    Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
    Bold, Italic, Underline
    Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks
    Border
    Membuat garis bingkai sel
    Fill
    Mewarnai sel
    Color
    Mewarnai huruf
    Kelompok Aligment
    Vertical Alignment
    Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel.
    Atas, tengan, dan bawah
    Perataan teks
    Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan
    Indent
    Menambah dan mengurangi inden teks
    Teks Orientation
    Mengubah kemiringan teks
    Merge Cell
    Menggabungkan sel
    Page Break
    Mengatur pemisah halaman
    Kelompok Number
    Format Cell
    Pengaturan jenis penulisan angka
    Currency
    Format angka untuk mata uang
    Persen
    Format angka persen
    Comma
    Mengubah nilai koma ribuan
    Increase/Decrease Decimal
    Menambah dan mengurangi nilai decimal
    Kelompok Style
    Conditional Formatting
    Melakukan format terkondisi
    Format as Table
    Membuat format tabel cepat
    Cell Styles
    Membuat format sel secara cepat
    Kelompok Cells
    Insert
    Memasukkan sel baru
    Delete
    Menghapus sel
    Format
    Melakukan format sel
    Kelompok Editing
    Sum
    Melakukan penghitungan
    Fill
    Membuat pola angka secara kontinu
    Clear
    Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format
    Sort & Filter
    Mengatur data agar mudah dianalisis
    Find & Select
    Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja

    2. Fungsi Menu dan Ikon tab Insert
    Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk menyisipkan objek-objek ke dalam naskah, seperti Picture (gambar), Clip Art (seni klip), Chart (grafik/diagram), dan Tabel.

    Tampilan tab Insert
    Fungsi Menu dan Ikon Tab Insert.
    Menu Tab Insert
    Kelompok Tables
    Pivot Table
    Memasukkan tabel pivot
    Table
    Memasukkan tabe
    Kelompok Ilustrations
    Picture
    Menambahkan gambar pada worksheet
    Clip Art
    Menambahkan gambar clipart pada worksheet
    Shapes
    Menambahkan gambar bentuk tertentu
    Smart Art
    Memasukkan objek smartart
    Kelompok Chart
    Coloumn
    Memasukkan grafik kolom
    Line
    Memasukkan grafik garis
    Pie
    Memasukkan grafik pie
    Bar
    Memasukkan grafik batang
    Scatter
    Memasukkan grafik distribus
    Other Chart
    Memasukkan grafik lainnya
    Kelompok Link
    Hyperlink
    Memasukkan hyperlink pada worksheet
    Kelompok Text
    Textbox
    Memasukkan kotak teks
    Header & Footer
    Memasukkan header dan footer
    WordArt
    Memasukkan teks dekoratif
    Signature Line
    Memasukkan garis tanda tangan
    Object
    Memasukkan objek
    Symbol
    Memasukkan symbol

    3.      Fungsi Menu dan Ikon tab Page Layout
    Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan kertas dari naskah yang sedang dikerjakan, seperti mengatur Margins (batas awal dan batas akhir pencetakan kertas),Orientation (posisi pencetakan kertas, tegak atau mendatar), Size (ukuran kertas yang akan digunakan), Columns (tampilan bentuk kolom), dan sebagainya.

    Tampilan tab Layout
    Fungsi Menu dan Ikon Tab Page Layout.
    Tab Page Layout
    Kelompok Themes
    Theme
    Mengubah tema tampilan excel
    Color
    Mengubah warna tema
    Font
    Mengubah jenis font tema
    Effect
    Mengubah efek tema
    Kelompok Page Setup
    Margin
    Mengubah margin halaman
    Orientation
    Mengubah orientasi halaman
    Size
    Mengubah ukuran kertas
    Print Area
    Menentukan area tertentu untuk proses cetak
    Breaks
    Menentukan pemisah halaman
    Background
    Menentukan gambar untuk latar
    Print Title
    Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman
    Kelompok Scale to Fit
    Width
    Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
    Height
    Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
    Scale
    Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai
    persentase Ukuran
    Kelompok Sheet Option
    Gridlines
    Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
    Heading
    Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan
    Kelompok Arrange
    Bring to Front
    Objek ke depan
    Send to Back
    Objek ke belakang
    Selection Pane
    Memperlihatkan panel seleksi objek
    Align
    Meluruskan objek
    Group
    Mengelompokkan objek
    Rotate
    Melakukan rotasi objek

    4.      Fungsi Menu dan Ikon tab Formula
    Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengolah dokumen dengan formula-formula yang telah disediakan oleh Microsoft Excel.
    Tampilan tab Formula
    Fungsi Menu dan Ikon Tab Formula.
    Tab Formula
    Kelompok Function Library
    Insert Function
    Memasukkan fungsi formula
    Autosum
    Melakukan penghitungan cepat
    Recently Used
    Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
    Financial
    Memasukkan fungsi keuangan
    Logical
    Memasukkan fungsi logic
    Text
    Memasukkan fungsi teks
    Date & Time
    Memasukkan fungsi waktu
    Lookup & Reference
    Memasukkan fungsi lookup dan referensi
    More Function
    Memasukkan fungsi lainnya
    Kelompok Defined Name
    Name Manager
    Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan
    dalam workbook
    Define Name
    Memberikan nama bagi sel
    Use in Formula
    Memilih nama yang digunakan pada workbook dan
    menggunakannya pada formula
    Create From Selection
    Membuat nama sel secara otomatis
    Kelompok Formula Auditing
    Trace Precedent
    Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
    Trace Dependent
    Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
    Remove Arrows
    Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
    Show Formulas
    Memperlihatkan formula setiap sel
    Error Checking
    Memeriksa formula yang salah
    Evaluate Formula
    Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
    Watch Window
    Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan
    pada lembar kerja
    Kelompok Calculation
    Calculation
    Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
    Calculate Now
    Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
    Calculate Sheet
    Melakukan kalkulasi sheet sekarang

    5.      Fungsi Menu dan Ikon tab Data
    Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk pengolahan data, seperti mengkoneksikan dengan file-file database lain, memfilter data, mengurutkan data (sorting) dan sebagainya.
    Tampilan tab Data
    Fungsi Menu dan Ikon Tab Data.
    Tab Data
    Kelompok Get External Data
    From Access
    Memasukkan data dariMS Access
    From Web
    Memasukkan data dari web
    From Text
    Memasukkan data dari teks
    From Other Sources
    Memasukkan data dari sumber lain
    Existing Connection
    Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan
    Kelompok Connections
    Refresh All
    Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
    Connection
    Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
    Properties
    Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
    Edit Link
    Mengatur koneksi data dari file lain
    Kelompok Sort & Filter
    Sort A to Z
    Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
    Sort Z to A
    Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
    Sort
    Memunculkan kotak dialog pengurutan
    Filter
    Melakukan penyaringan terhadap sel
    Clear
    Menghapus penyaringan pada sel
    Reapply
    Melakukan kembali penyaringan
    Advanced
    Melakukan penyaringan spesifik
    Kelompok Data Tools
    Text to Coloumn
    Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
    Remove Duplicates
    Menghilangkan baris terduplikasi
    Data Validation
    Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
    Consolidation
    Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
    What-If Analysis
    Mencoba beberapa nilai pada formula
    Kelompok Outline
    Group
    Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat
    memendekdan memanjang
    Ungroup
    Memisahkan sel yang mengelompok
    Subtotal
    Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan

    6.      Fungsi Menu dan Ikon tab Review
    Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan sebagainya.

    Tampilan tab Review
    Fungsi Menu dan Ikon Tab Review.
    Tab Review
    Kelompok Proofing
    Spelling
    Memeriksa ejaan teks
    Research
    Membuka panel penelitian referensi
    Thesaurus
    Saran kata yang sepadan
    Translate
    Menerjemahkan kata ke bahasa lain
    Kelompok Comments
    Comment
    Memasukkan komentar baru
    Delete
    Menghapus komentar
    Previous
    Memperlihatkan komentar sebelumnya
    Next
    Memperlihatkan komentar selanjutnya
    Show/Hide Comment
    Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
    Show All Comments
    Perlihatkan semua komentar
    Show Ink
    Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja
    Kelompok Changes
    Protect Sheet
    Melindungi lembar kerja
    Protect Workbook
    Melindungi buku kerja
    Share Workbook
    Berbagi buku kerja
    Protect and Share Workbook
    Melindungi dan berbagi buku kerja
    Allow Users to Edit Ranges
    Memperbolehkan pengguna mengubah data
    Track Changes
    Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen

    1.      Menyimpan file buku kerja
    Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu. Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
    1) Klik ikon   pada quick access toolbar.
    2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
    3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan

    “Latihan 1”.
    4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka kembali pada aplikasi Excel selain 2007 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003 workbook.

    atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.
    5) Setelah selesai klik Save
    Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang tersimpan menjadi Latihan 1.xls
    2.       Menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru
    Langkah untuk menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru adalah sebagai berikut.
    a.    Klik tombol office button.
    b.    Klik Save As sehingga akan tampil kotak dialog Save As.
    c.    Pada kotak pilihan Save In, pilihlah folder sebagai tempat untuk menyimpan lembar kerja Excel yang baru. Apabila Anda tidak melakukan perubahan, maka hasil penyimpanan akan tersimpan dalam folder yang sama dengan tempat penyimpanan file yang lama.
    d.    Pada kotak isian File name, isikan nama file yang baru, lalu klik save.

    3.  Menyimpan lembar kerja Excel yang pernah disimpan
    Lembar kerja lama yang pernah disimpan dapat pula disimpan kembali setelah Anda melakukan perubahan-perubahan. Proses penyimpanan file ini dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
    a.    Dengan cara mengklik tombol office button, kemudian klik Save.
    b.    Dengan mengklik ikon Save ( ) pada quick access toolbar.
    c.    Dengan menekan tombol Ctrl + S di keyboard.

    4.Membuka kembali lembar kerja Excel
    Apabila Anda ingin membuka kembali lembar kerja Excel yang pernah disimpan di hardisk dengan menggunakan ikon, maka caranya adalah sebagai berikut.
       Klik ikon   pada menu office button.
       Setelah muncul kotak dialog Open, pilih folder dan klik file yang dicari melalui kotak isian Look in.
       Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka. 
    Jika Anda akan membuka file Excel dari flashdisk caranya adalah sebagai berikut.
       Klik ikon pada quick access toolbar.
       Pilih Removable Disk (G:) pada kotak isian Look in.
       Klik nama file Excel yang ingin dibuka.
       Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.
    5.       Mengedit lembar kerja Excel
    Mengedit lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan mouse dan dengan menggunakan ikon. Dalam hal ini proses editing yang dilakukan adalah memindahkan data dalam sebuah sel pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut adalah cara mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan mouse.
       Blok sel pada data yang ingin dipindahkan.
       Pada posisi data yang diblok, klik kiri mouse dan tahan.
       Seret kursor ke sel tujuan yang diinginkan, kemudian mouse dilepaskan.
       Langkah untuk mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut. 
       Blok data pada sel yang akan dipindahkan.
       Klik ikon Cut pada tab menu Home submenu Clipboard.
       Aktifkanlah sel tujuan untuk meletakkan data.
       Klik ikon Paste pada tab menu Home submenu Clipboard.

    D.    Mengatur Kolom dan Baris
    Mengatur Kolom dan Baris Excel 2007- Anda dapat melakukan pengaturan kolom dan baris pada worksheet yang sedang dikerjakan. Pengaturan ini dapat dilakukan secara mudah.
    a. Mengubah Ukuran Kolom Excel 2007
    Anda dapat secara spesifik menentukan ukuran kolom. Caranya, blok sel atau range yang akan diatur ukurannya. Pada tab Home grup Cells, klik tombol Format kemudian klik Column Width. Masukkan nilai baru pada kotak Column width, klik OK. Maka, lebar kolom D akan berubah sesuai keinginan. Cara lain mengubah ukuran kolom adalah, gerakan pointer mouse ke arah column headers. Posisikan pointer mouse ke garis pemisah antara column header D dan E sampai pointer berubah. Lakukan dragging ke arah kanan untuk memperlebar dan ke arah kiri untuk mempersempit kolom.
    Untuk mengubah beberapa kolom dengan ukuran lebar yang sama, Anda dapat melakukannya, dengan memblok atau memilih dengan bantuan tombol Ctrl, beberapa Column Header yang akan diubah. Selanjutnya, posisikan pointer mouse ke sebuah garis pemisah daricolumn header yang terblok. Lakukan dragging ke arah kanan untuk memperlebar, atau ke arah kiri untuk mempersempit.

    b. Menambahkan dan Mengurangi Kolom Excel 2007
    Anda dapat menambahkan kolom-kolom dalam Excel dengan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.
    1.    Klik sebuah sel, misalnya pada sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdowndi sisi tombol Insert, klik Insert Sheet Columns.
    2.    Klik column header, misalnya column header B, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih Insert.
    (a) melalui tab Home>Insert
    (b) pilih column header dan klik kanan
    Kolom akan ditambahkan pada sisi kiri dari posisi kolom aktif. Untuk menambahkan beberapa kolom sekaligus, lakukan dengan memblok beberapa column header, kemudian lakukan salah satu cara di atas. Untuk mengurangi kolom juga disediakan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.
    1.    Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Pada tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdowndi sisi tombol Delete, klik Delete Sheet Columns.
    2.    Klik column header misalnya column header B, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih menu Delete.
    Anda juga dapat mengurangi beberapa kolom sekaligus dengan memblok beberapa column header, kemudian lakukan salah satu cara di atas.

    c. Mengubah Ukuran Baris Excel 2007
    Untuk mengubah ukuran ketinggian baris dapat dilakukan dengan cara mengklik sebuah sel pada baris tersebut. Contoh, jika Anda ingin mengubah ukuran baris ke 10, klik saja sel A10, atau B10, atau x10. Pada tab Home, periksa grup Cells, klik tombol Format, kemudian klik Row Height. Masukkan nilai baru pada kotak dialog Row height, klik OK. Maka, baris 10 sudah berubah ukuran tingginya. Cara lain mengubah ukuran tinggi baris adalah, gerakan pointer mouse ke arah row headers. Posisikanpointer mouse ke garis pemisah row header 10 dan 11. Lakukan dragging ke arah bawah untuk mempertinggi dan ke arah kiri untuk memperpendek baris.
    Untuk mengubah beberapa baris dengan ukuran tinggi yang sama, Anda dapat melakukannya, dengan memblok atau memilih dengan bantuan tombol Ctrl, beberapa row headeryang akan diubah ukurannya. Kemudian, posisikan pointer mouse ke sebuah garis pemisah dari row header yang terblok. Lakukan dragging untuk mengubah ukuran baris.
    d. Menambahkan dan Mengurangi Baris Excel 2007
    Anda dapat menambahkan baris dalam Excel dengan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.
        Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Insert, klik Insert Sheet Rows.
        Klik row header, misalnya row header 5, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih Insert .
    Baris akan ditambahkan pada sisi atas dari nomor baris aktif. Untuk menambahkan beberapa baris sekaligus, dengan memblok beberapa row header, kemudian lakukan salah satu cara di atas.

    Untuk mengurangi baris juga disediakan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.
    1. Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Delete, klik Delete Sheet Rows
    2.   Klik row header, misalnya row header 7, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih menuDelete.
    Anda juga dapat mengurangi beberapa baris sekaligus dengan memblok beberapa row header, kemudian lakukan salah satu cara di atas.




    BAB III
    PENUTUP

    A.    Kesimpulan
    Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat di simpulkan bahwa menu merupakan kumpulan perintah yang sudah dikelompokan menjadi satu berdasarkan fungsinya masing-masing.
    Icon merupakan perintah berbentuk gambar yang dijalankan atau diaktifkan dengan cara klik dua kali menggunakan mouse pada gambar tersebut.
    Fungsi dari pada menu dan ikon pada Microsoft Excel sangat beragam. Karena dengan  hal tersebut kita akan di permudah dalam hal pengolahan angka, selain itu kemungkinan kesalahan juga akan sangat minim karena kecanggihan software pengolah angka ini.
    Secara garis besar pada Microsoft excel ada mmenu Home, Insert, formulas, data, view dan review.

    B.     Saran
    Dalam kesempatan ini kami memberikan saran kepada pembaca apabilaterdapat kesalahan dalam pembuatan makalah ini baik penulisan atau susunan kata, kami harapkan agar pembaca dapat memakluminya karena kami masih dalam tahap pembelajaran. Kritik dan saran akan kami terima dengan lapang dada.



    DAFTAR PUSTAKA


    http://yhandu.blogspot.co.id/2012/10/makalah-ms-excel.html
    https://msaepulanwarstudent.wordpress.com/2015/03/30/tugas-softskill-makalah-tentang-microsoft-excel/

    http://ndar3006.blogspot.co.id/2015/06/makalah-microsoft-excel.html

    Belum ada Komentar untuk "MAKALAH PENGERTIAN MICROSOFT EXEL DAN FUNGSINYA"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel